Pranayama atau Seni Pernapasan dalam Yoga

Kali ini kami akan jelaskan tentang Pranayama atau Seni Pernapasan dalam Yoga. Pranayama adalah suatu cara latihan untuk menguasai pernapasan yang benar dan merupakan langkah awal dari peremajaan kembali seluruh tubuh berikut organ-organ di dalamnya. Arti dari kata pranayama sendiri adalah prana yang mempunyai arti tenaga, energi, atau dorongan hidup. Sementara yama berarti memperpanjang. Bila diartikan secara sempit adalah pernapasan panjang atau pernapasan yang identik dengan kata chi-kung dalam latihan kebugaran/peremajaan kembali ala Cina.

Pranayama atau Seni Pernapasan dalam Yoga

Pernapasan yoga adalah pernapasan perut atau pernapasan bayi. Hal ini menunjukkan persamaan dengan latihan pernapasan chi-kung/ji-kung/qi-kung. Cara ini membuat kapasitas paru-paru meningkat (pada saat menarik napas) dan saat menghembuskan napas paru-paru menjadi lebih kosong.

Beberapa petunjuk melakukan pranayama adalah sebagai berikut.

  • Selalu menarik napas dan menghembuskan napas melalui hidung dengan bibir dirapatkan (kecuali ada hal lain yang ditentukan).
  • Bernapaslah secara perlahan-lahan, dalam, dan mantap.
  • Untuk memudahkan rileksasi, saat menarik napas dilakukan lebih singkat dibandingkan saat menghembuskan napas.
  • Pilihlah sikap meditasi yang sesuai dan nyaman bagi diri sendiri atau berbaringlah dalam posisi shavasana/ sikap mayat. Sikap mayat yaitu berbaring telentang dan kaki lurus dengan posisi telapak tangan menghadap ke langit atau ke atas. Sikap ini biasanya dilakukan selama 15-30 menit.
  • Lakukan latihan pernapasan sebelum melakukan meditasi.

a. Sikap kaki

Pada umumnya sikap kaki yang biasa dipergunakan dalam latihan pernapasan dalam kondisi duduk adalah sikap sila sederhana (sukhasana), sikap setengah teratai (sidhasana), dan sikap bunga teratai penuh (padmasana).

1) Cara melakukan sikap sila sederhana/sukhasana

Duduklah dengan nyaman dan enak, sesuai dengan keadaan Anda. Duduk di atas lantai yang telah diberi alat tebal dan empuk. Kedua kaki disilangkan ke bawah atau satu kaki disilangkan. Sementara satu kaki lagi diluruskan atau kedua kaki diluruskan ke depan.

2) Cara melakukan sikap setengah teratai (sudhasana)

Duduk dengan sikap sila sederhana dengan dua kaki disilangkan ke bawah. Tarik salah satu telapak kaki atau pergelangan kaki, lalu letakkan bagian punggung telapak kaki di atas paha atau silangkan kaki lainnya dengan sedikit ditekan ke bawah. Untuk menjaga kelenturan kaki dan keseimbangan pinggul, sebaiknya telapak kaki yang diletakkan di atas paha dilakukan secara bergantian.

3) Cara melakukan sikap bunga teratai (padmasana)

Duduklah dengan sikap sila sederhana, kemudian gantilah dengan sikap setengah teratai. Setelah itu, tarik telapak kaki yang masih di bawah ke atas paha kaki yang satunya. Tarik kedua telapak kaki dan doronglah keduanya ke arah selangkangan sampai mendapatkan posisi yang nyaman. Usahakan posisi simetris dan seimbang.

b. Sikap tangan/posisi tangan (mudra)

Sikap tangan/posisi tangan (mudra) yang biasa digunakan adalah suatu cara untuk menolong memusatkan energi di dalam tubuh. Caranya adalah dengan menciptakan lingkaran energi tertutup sebagai tempat untuk energi itu sendiri agar mengalir di seluruh tubuh. Sikap tangan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Chin/guyan mudra
  2. Jnana mudra
  3. Namaste mudra
  4. Namaste mudra terbalik

Beberapa petunjuk melakukan pranayama

  • Posisi kaki dan posisi tangan bisa dipilih sendiri.
  • Posisi badan tegak, tetapi tidak kaku, santai dan dagu agak ke depan.
  • Menarik dan mengeluarkan napas melalui hidung, ujung lidah menempel pada langit-langit mulut, setidaknya di belakang gigi atas depan.
  • Tarik napas secara perlahan-lahan, panjang dan lancar. Usahakan menggunakan pernapasan perut dan keluarkan secara perlahan-lahan.
  • Konsentrasi bisa dilakukan pada ujung hidung atau pada pernapasan itu sendiri, yaitu dengan memperhatikan/merasakan keluar dan masuknya
  • Apabila kondisi mata terbuka, pandanglah sebuah titik hitam dalam keadaan santai.
  • Pada tahap awal latihan, cukup melakukan 5-10 menit. Kemudian, terus ditingkatkan menjadi 20-30 menit.

c. Sikap tangan

Cara melakukan sikap tangan, semua diawali dengan meletakkan telapak tangan yang menghadap ke bawah di atas lutut dan paha. Lengan dan siku diletakkan di samping tubuh. Pundak dalam keadaan rileks.

Demikian info tentang Pranayama atau Seni Pernapasan dalam Yoga semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.