Upaya Mengubah Kebiasaan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi

Pembahasan kita kali ini yakni Upaya Mengubah Kebiasaan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi. Banyak orang mengerti bahwa pola makan berpengaruh besar terhadap kesehatan. Dampak dari kesadaran itu, muncul kebiasaan atau pola makan bernuansa vegetarian atau hanya mengonsumsi sayur-sayuran tanpa memakan daging dan sejenisnya.

Upaya Mengubah Kebiasaan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi

Pola makan tersebut muncul karena banyak orang mulai menyadari dampak negatif dari mengonsumsi makanan kaya lemak, yaitu terserang kolesterol tinggi. Mereka sadar bahwa kolesterol hanya terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan, sedangkan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan hampir tidak mengandung kolesterol.

Memang lemak terdapat dalam semua jenis makanan, tetapi lemak asal hewan jauh lebih tinggi. Sebagian besar merupakan lemak jenuh, sedangkan lemak yang berasal dari sayuran adalah lemak tidak jenuh. Lemak-lemak jenuh cenderung meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, sedangkan lemak tidak jenuh akan menurunkan kadar kolesterol.

Dalam tulisan yang berjudul Coronary Heart Disease Mortality among Seven Day yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition, Dr. R. L. Philip, mengungkapkan hasil penelitiannya terhadap 24 ribu orang adventis (sukarelawan) yang menerapkan pola makan vegetarian selama enam tahun.

Hasil penelitian Dr. R. L. Philip mengungkapkan bahwa kematian yang disebabkan penyakit jantung koroner pada pria dan wanita adventis berusia 35-64 tahun adalah 72 persen lebih rendah daripada masyarakat umum dalam kelompok umur yang sama. Paling sedikit adalah pada kelompok umur 65 tahun, yaitu hanya separuh dari masyarakat umum.

Penelitian selanjutnya adalah di kalangan kaum adventis sendiri, yakni kelompok laki-laki berumur 35-64 tahun. Kelompok tersebut dibagi lagi menjadi kelompok I dan kelompok II. Kelompok I tetap mengonsumsi daging dan kelompok II yang sudah tidak mengonsumsi semua produk hewani. Kedua kelompok tersebut tidak merokok.

Walhasil didapati kasus jantung koroner fatal menimpa kelompok I tiga kali lebih besar dibandingkan kelompok II. Dari sini dapat disimpulkan bahwa pola hidup vegetarian memiliki peran besar dalam jantung koroner. Dengan pola vegetarian ini pula upaya memperkecil risiko risiko kadar kolesterol darah yang tinggi juga mudah teratasi.

Selain upaya di atas, gaya hidup dan kebiasaan yang baik dan dianjurkan di antaranya sebagai berikut.

  1. Mengurangi konsumsi garam dan lemak, khususnya lemak jenuh yang bersumber dari bahan-bahan hewani.
  2. Melakukan olahraga dan latihan jasmani secara teratur dengan kualitas dan kuantitas yang terkontrol.
  3. Membiasakan hidup semangat dan dinamis.
  4. Hentikan kebiasaan merokok.
  5. Menjaga berat badan agar tetap stabil dan menghindari obesitas.
  6. Jauhi dan hindari stres.

Usaha di atas tentunya sangat ditunjang oleh pola makan yang baik. Makanlah makanan yang sebagian besar terdiri dari bagian tumbuhan alami. Makanan dari tumbuhan yang tidak diolah akan menjadi sumber tenaga dan daya tahan tubuh. Selain itu, serta serat alaminya turut membantu menurunkan kolesterol.

Sebenarnya, berapa kebutuhan normal kolesterol tubuh? Hati dan organ tubuh lainnya menghasilkan 500 mg kolesterol setiap harinya. Jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karenanya, kelebihan kolesterol yang berasal dari konsumsi bahan pangan hewani sangat tidak dianjurkan.

Sebagian dari kelebihan kolesterol diolah oleh hati dan untuk sementara waktu disimpan dalam kantong empedu. Selanjutnya akan disalurkan melalui usus dan dibuang bersama kotoran. Sayangnya, kemampuan tubuh untuk membuang kolesterol yang berlebihan sangat terbatas. Sisa kelebihan tersebut tertimbun dalam pembuluh nadi dan jaringan lain. Hal itu akan menganggu sirkulasi darah dalam tubuh.

Jika ingin mengurangi risiko terkena penyakit jantung maka penerapan pola makan yang sehat dan seimbang mutlak dilakukan. Hal itu merupakan cara terbaik untuk mencegah risiko utama penyakit jantung, yaitu menurunkan kadar kolesterol darah ke tingkat normal dan aman.

Demikian info tentang Upaya Mengubah Kebiasaan untuk Menghindari Kolesterol Tinggi semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.