Sayuran yang Berguna Sebagai Penurun Kolesterol

komunitas sb1m

Sayuran yang Berguna Sebagai Penurun Kolesterol – Banyak mengonsumsi sayuran sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan makanan yang sering dikonsumsi untuk rnenurunkan berat badan, sayuran juga berguna untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Pasukan Synergy

Sayuran yang Berguna Sebagai Penurun Kolesterol

1. Wortel

Wortel banyak mengandung vitamin A di samping vitamin-vitamin lainnya, seperti vitamin B, C, D, E, G dan K. Sari buah atau jusnya sangat enak dan berkhasiat bagi kesehatan. Menurut penelitian zat besi dan kalsium yang terdapat di dalam wortel dapat diasimilasikan ke dalam tubuh. Jus wortel berisi hampir semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Wortel juga berisi belerang, klor, dan fosfor. Bahkan,wortel merupakan sumber kalsium  terbaik, bahkan jika diminum setiap hari secarateratur akan lebih besar nilainya dalam membangun tubuh.

Wortel merupakan sumber utama karoten yang dikonversi di dalam usus menjadi vitamin A, memperkaya sel dan jaringan tubuh, serta membantu melindunginya terhadap kanker. Wortel juga merangsang reaksi pembersihan lemak dengan cara membantu membuang lemak tersebut dengan mudah dan cepat.

Wortel mengandung banyak pectin atau serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah sebesar rata-rata 11%. Serat yang tinggi juga membuat usus bergerak secara teratur dan mencegah konstipasi atau tertahannya kotoran di dalam tubuh karena gerak usus lemah atau berkurang. Oleh karenanya, ada baiknya jika wortel dimanfaatkan sebagai program pembuang lemak. Dua setengah wortel atau 1 gelas jus wortel per hari dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

2. Jeruk sitrus atau lemon

Jeruk sitrus atau lemon kaya akan bioflavonoid. Bioflavonoid adalah zat yang merupakan persenyawaan zat yang jika diminum sarinya atau jusnya dapat memberi efek kesehatan kepada tubuh dan memperpanjang hidup. Buah jeruk sitrus atau lemon tidak saja mengatur susunan kimia tubuh, tetapi juga penting dalam proses kelangsungan hidup. Hal ini disebabkan jeruk lemon kaya akan vitamin C, B, dan niasin, serta mengandung fosfor, besi, dan kalsium.

Vitamin C (asam sitrat) yang tinggi, dan pektin yang dikandung dalam membran dan kulitnya berguna melawan nitrosamins yang merupakan agen pembentuk kanker. Di samping itu, lemon juga bisa menurunkan kolesterol darah, sebagai antioksidan, serta mampu memecah lemak sehingga sangat baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Oleh karenanya, sangat dianjurkan minum jus jeruk sitrus atau lemon 1 gelas per hari untuk mendapatkan kadar kolesterol darah yang diharapkan.

3. Kubis (Brassica oleracea)

Kubis termasuk sayuran yang menyehatkan. Vitamin A, B, C dan selulosa yang terkandung di dalam kubis cukup tinggi, tetapi kandungan kalorinya sangat rendah. Sayuran ini akan bereaksi basa di dalam tubuh. Mineral yang terkandung di dalam kubis antara lain kalsium terutama di bagian luarnya, kalium, klor, iodium, fosfor, sodium, dan sulfur. Bagian luar kubis yang berwarna lebih hijau mengandung 40% kalsium lebih banyak dibandingkan dengan bagian dalamnya.

Senyawa di dalam kubis diketahui sebagai antikanker adalah klorofil, dithioltione, flavonoid tertentu, indole, isothiosianat, fenol (seperti cafein), asam ferulat, serta vitamin E. Kubis kaya akan serat, tetapi yang lebih penting lagi adalah kandungan belerangnya yang tinggi. Belerang atau yang sulfur ini penting untuk menetralkan efek toksik dari kobalt, nikel, dan tembaga yang berlebihan.

Sulfur dan zat besi yang terdapat pada kubis sangat tinggi. Mineral tersebut berperan sebagai agen pembantu untuk membersihkan lambung dan saluran gastrointestinal. Sulfur dan zat besi juga membersihkan membran mukosa dan membuang deposit lemak. Oleh karena itu, mulailah menggunakan kubis sebagai bagian dari pendekatan total Anda untuk membuang lemak yang menumpuk di dalam sel-sel tubuh. Mengonsumsi jus kubis ½ gelas (100 cc) per hari dapat membantu menurunkan kolesterol yang tinggi

4. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin A dan C, serta Fe (besi), Ca (kalsium), dan K (kalium) sebesar 40%. Kandungan zat besi (Fe) cukup tinggi, yakni dua kali lebih banyak dibandingkan dengan sayuran jenis lain. Sayuran ini baik untuk kesehatan limpa, urine, dan sistem pencernaan. Selain itu, bayam juga mempunyai pengaruh laksatif dan baik jika digunakan sebagai makanan penurun berat badan.

Pasukan Synergy

Penelitian yang dilakukan terhadap hewan percobaan menunjukkan bahwa bayam mampu menurunkan kolesterol darah. Cara kerja bayam adalah mengonversi kolesterol di dalam tubuh menjadi koprostanol. Selanjutnya koprostanol itu akan dibuang ke luar tubuh. Untuk mendapatkan cita rasa, lebih baik bayam dijus beserta beberapa sayuran tambahan, seperti wortel atau tomat. Dianjurkan mengonsumsi jus bayam l gelas per hari.

Demikian info tentang Sayuran yang Berguna Sebagai Penurun Kolesterol semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply