Prinsip FITT dalam Melakukan Olahraga

komunitas sb1m

Prinsip FITT dalam Melakukan Olahraga – Secara umum sebuah program olahraga mengikuti prinsip FITT. Prinsip ini perlu diperhatikan agar perencanaan kegiatan olahraga bisa tepat sasaran dalam hal ini dapat memperbaiki profil lipid darah.

Prinsip FITT dalam Melakukan Olahraga

FITT merupakan singkatan dari frequency (frekuensi yaitu berapakali kegiatan olahraga per minggu), intensity (intensitas atau beratnya latihan), time / duration (lama kegiatan olahraga berlangsung), dan type of activity (jenis olahraga).

1. Frekuensi

Olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan sebaiknya dilakukan 3 – 5 kali dalam seminggu. Namun, mereka yang tidak biasa melakukan olahraga mulailah dengan 2 kali seminggu, kemudian secara perlahan-lahan frekuensi latihan bisa ditambah.

Pasukan Synergy

2. Intensitas

Tujuan berolahraga dapat diperoleh bila intensitasnya tepat, yaitu sesuai dengan kondisi kesehatan serta tingkat kebugaran jasmani. Bila tingkat kebugaran jasmani rendah mulailah dengan intensitas ringan dan kemudian secara bertahap intensitas latihan dapat ditingkatkan.

Cara menentukan intensitas olahraga:

  • Hitung denyut nadi maksimal = 220 dikurangi usia
  • Intensitas ringan bila denyut nadi 50 – 63% denyut nadi maksimal
  • Intensitas sedang bila 64 – 76% denyut nadi maksimal
  • Intensitas berat antara 77 – 93% denyut nadi maksimal

3. Lama berolahraga

Olahraga dilakukan minimal selama 30 menit, tetapi mereka yang tidak pernah berolahraga mulailah dengan waktu yang pendek misalnya 15 menit dan secara bertahap waktu berolahraga dapat ditambahkan hingga mencapai 45 menit.

Pasukan Synergy

Perlu diperhatikan bahwa penambahan frekuensi, intensitas, maupun lama berolahraga tidak boleh ditingkatkan secara bersama-sama misalnya menambah intensitas serta lama latihan secara bersamaan. Sebaiknya membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur yaitu dengan menambah frekuensinya menjadi minimal 3 kali dalam seminggu secara berseling baru kemudian meningkatkan intensitas atau lama berolahraga.

4. Jenis latihan/olahraga

Tidak ada satupun jenis latihan/olahraga yang dapat memberi semua manfaat bagi kesehatan maupun kebugaran jasmani. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapajenis latihan agar tujuan latihan dapat dicapai. Pada umumnya, latihan atau olahraga dapat dikelompokan dalam latihan daya tahan kardiovaskuler, latihan kekuatan, dan latihan fleksibilitas.

a. Latihan daya tahan kardiovaskuler

Daya tahan kardiovaskuler adalah kemampuan dari jantung, paru-paru serta sistem sirkulasi untuk memberi nutrisi dan oksigen pada otot-otot yang aktif bekerja secara efisien. Jalan kaki, jogging, bersepeda, dan berenang merupakan olahraga yang dapat meningkatkan daya tahan kardiovaskuler. Latihan daya tahan kardiovaskuler biasanya juga disebut sebagai latihan aerobik.

b. Latihan kekuatan dan daya tahan otot

Kekuatan dan daya tahan otot penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari termasuk dalam melakukan kegiatan olahraga. Bertambahnya usia akan menyebabkan berkurangnya massa otot sehingga kekuatan otot turut berkurang. Oleh karenanya, latihan untuk dapat mempertahankan kekuatan otot tersebut perlu dilakukan. Angkat beban atau senam dengan beban tubuh sendiri merupakan salah satu bentuk latihan yang dapat mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot serta meningkatkan kepadatan tulang.

c. Latihan fleksibilitas

Kelenturan atau fleksibilitas otot penting artinya agar tubuh dapat bergerak secara luwes (tidak kaku). Sayangnya, pertambahan usia akan mempengaruhi gerak tubuh sehingga sendi menjadi lebih kaku. Oleh karena itu, latihan fleksibilitas harus selalu dilakukan agar gerak sendi tetap baik. Salah satu latihannya adalah melakukan peregangan otot dengan benar yaitu diregangkan secara perlahan-lahan. Jangan melakukan peregangan dengan cara dipantul-pantulkan karena akan mengakibatkan cedera.

Demikian info tentang Prinsip FITT dalam Melakukan Olahraga semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply