Perawatan dengan Obat untuk Penderita Kolesterol

Topik kita sekarang yaitu Perawatan dengan Obat untuk Penderita Kolesterol. Perawatan dengan obat akan segera dilakukan manakala segala upaya untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami tidak menghasilkan kepuasan. Jika melakukan perawatan dengan obat maka perawatan tersebut akan diteruskan selama sisa hidup.

Perawatan dengan Obat untuk Penderita Kolesterol

Artinya Anda harus minum obat setiap hari. Banyak obat tersedia yang secara efektif dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sebelum menggunakan obat-obatan tersebut, sebaiknya ketahui dahulu kadar kolesterol tubuh dengan melakukan pemeriksaan sehingga obat dapat bekerja lebih efektif.

a. Obat penurun kadar kolesterol

Obat-obat penurun kadar kolesterol dalam darah, antara lain sebagai berikut.

1) Obat yang mengikat asam empedu dalam usus.

Dengan meningkatkan asam empedu dalam usus melalui jenis obat ini maka asam empedu tidak digunakan lagi atau diserap oleh usus. Namun, asam empedu dibawa keluar dari sistem pencernaan makanan bersama tinja. Jenis obat ini tidak diserap oleh tubuh tetapi tetap berada di dalam usus.

2) Obat yang mengurangi produksi kolesterol dalam hati.

Obat ini terutama efektif dan bisa diminum bersama dengan obat yang disebutkan dalam butir (1). Obat ini diserap oleh darah dan menghambat produksi kolesterol dalam hati.

3) Obat yang merangsang konversi kolesterol dan lemak di dalam hati maupun jaringan lemak.

Obat ini bukan hanya efektif untuk menurunkan jumlah lemak dalam darah tetapi turut mengurangi kadar kolesterol dalam darah Asam nikotin juga termasuk dalam kelompok obat yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

b. Obat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol

Hindarilah obat yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Beberapa jenis obat yang digunakan dalam perawatan hipertensi bisa menaikkan kadar kolesterol darah. Mengganti jenis obat ini dengan obat yang tidak menaikkan kadar kolesterol darah harus dilakukan melalui konsultasi ke dokter terlebih dahulu. Obat diuretik tertentu merupakan contoh obat yang dapat menaikkan kadar kolesterol darah.

Evaluasi Kadar Kolesterol (milimol / liter)

Normal Sedikit Abnormal
Kolesterol Tinggi < 3,2 6 – 7 > 7
Kolesterol LDL < 3,2 3,2 – 3,7 > 3,7
Kolesterol HDL > 1,1 1,1 – 0,9 < 0,9
Trigliserida < 1,5 1,5 – 2,3 < 2,3

Tingkat kolesterol total, kolesterol Low Density Lipoproteins (LDL) dan trigliserida harus serendah mungkin, sementara kadar kolesterol High Density Lipoproteins (HDL) harus setinggi mungkin.

Demikian info tentang Perawatan dengan Obat untuk Penderita Kolesterol semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.