Metode Terapi Refleksi Untuk Menyembuhkan Penyakit

Pembahasan kita sekarang adalah Metode Terapi Refleksi Untuk Menyembuhkan Penyakit. Refleksi atau refleks adalah gerak yang tidak disengaja atau gerak otomatis yang berarti berbalik kembali atau memantul akibat adanya rangsangan dari luar pada suatu area atau zona refleksi yang terdapat di seluruh tubuh.

Metode Terapi Refleksi Untuk Menyembuhkan Penyakit

Daerah refleksi merupakan titik pusat urat saraf, di mana titik-titik saraf tersebut berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu. Apabila daerah refleksi tersebut dipijat atau ditekan, akan menimbulkan rangsangan pada organ tubuh yang berhubungan dan akhirnya terjadilah proses penyembuhan.

Sebenarnya zona refleksi terdapat di kaki dan tangan, terutama pada telapaknya. Zona/daerah refleksi ini merupakan titik pusat urat saraf dimana titik-titik tersebut berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu. Apabila organ tersebut dipijat maka sirkulasi darah pada organ yang bersangkutan menjadi lancar. Cara ini akan memberi efek pada kesehatan tubuh.

Menurut teori refleksologi, titik-titik refleks di telapak kaki berhubungan dengan seluruh organ tubuh, mulai dari kantong kencing, usus, lambung, hati, ginjal, limpa, pankreas, sampai jantung. Bagian atau titik yang jumlahnya tidak kurang dari 70 ini tersusun membentuk suatu peta tubuh di kaki.

Kaki kanan berhubungan dengan tubuh bagian kanan dan kaki kiri dengan tubuh bagian kiri. Dengan peta itu, pemijatan yang berhubungan dengan suatu organ tubuh bisa dilakukan melalui kaki. Bukan cuma gejalanya yang dihilangkan, tetapi juga penyebab gejala itu.

Terapi pijat tangan merupakan suatu terapi pada tangan dengan menekan titik-titik penyakit yang bersangkutan atau organ-organ yang dapat menimbulkan refleks. Titik-titik refleksi telapak tangan, antara lain area lambung, pankreas, nyeri perut bagian bawah, menopause, pembengkakan dan gumpalan, penyakit mata, penyakit kewanitaan, ubun-ubun, insomnia, sinus, vertigo, tulang ruas leher jantung, paru-paru, rahim, reproduksi, cemas, tekanan darah tinggi, tekanan darah rendah, histeris, buah zakar, sembelit, kolesterol HDL-LDL, hati, lambung, dan jantung koroner.

Ada dua metode pijat yang berkembang di tanah air yang berasal dari dua sumber.

  • Metode pertama dari Cina, yakni memijat daerah refleks memakai jari tangan dan alat-alat lain yang kecil. Caranya dengan menekan buku jari telunjuk yang ditekuk pada zona refleksi.
  • Metode kedua dengan mempergunakan alat bantu berupa stik kecil untuk menekan zona refleksi.

Saat memijat dengan tangan akan terasa ada semacam butiran-butiran pasir bila organ yang dipijat ada kelainan. Sayangnya, tidak terungkap “pasir” itu berasal dari mana. Bila “pasir” itu sudah tidak terasa kala dipijat, berarti sudah baik. Tentu saja, perbedaan rasa ini tidak dirasakan bila terapis menggunakan alat bantu dalam memijat. Arah pemijatan tidak boleh sembarangan, harus mengarah ke atas menuju jantung, mengikuti arah aliran darah.

Kedua metode di atas, dengan ujung jari atau alat bantu, telah berkembang di Eropa dan Amerika. Keduanya saran-sama bermanfaat untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Dengan pijat ini, organ tubuh selalu dibuat siaga atau daya tahannya selalu dalam keadaan prima.

Kalau suatu titik dipijat dengan tangan atau alat bantu dan terasa sakit maka organ yang berhubungan dengan titik itu mengalami gangguan fungsi. Kalau titik itu dipijat terus secara teratur hingga nyeri tidak terasa lagi, itu pertanda organ tersebut sudah pulih kembali.

Terapi dapat dilakukan sendiri atau juga dengan bantuan orang lain. Alat dapat menggunakan jari tangan, tongkat kecil, tusuk gigi, dan alat elektronik yang ditekan.

Waktu yang diperlukan untuk menekan area-area refleksi telapak tangan bagi pemula adalah 1 – 2 menit. Bagi yang sudah terbiasa dapat melakukannya lebih dari itu. Idealnya, pemijatan dilakukan 1 – 2 kali sehari. Arah pemijatan harus mengarah menuju jantung, yakni searah dengan aliran darah.

Demikian info tentang Metode Terapi Refleksi Untuk Menyembuhkan Penyakit semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.