Mengenal Seputar Penyakit Kolesterol

Sekarang kami akan jelaskan perihal Mengenal seputar penyakit kolesterol. Banyak orang takut dengan kata ‘kolesterol’. Padahal mungkin sebenarnya mereka tidak mengetahui apa itu kolesterol, apa yang menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi dalam tubuh, mengapa kadar kolesterol tinggi dianggap buruk bagi kesehatan, dan upaya apa yang bisa dilakukan untuk menurunkan tingkat kadar kolesterol tubuh.

Mengenal seputar penyakit kolesterol

Orang takut dengan kata ‘kolesterol’ karena kolesterol tinggi nyaris identik dengan penyakit jantung dan stroke. Kolesterol tidak hanya didominasi oleh orang yang gemuk, orang yang kurus juga bisa memiliki kadar kolesterol tinggi dalam darahnya.

Sebelum membahas kolesterol dengan lebih mendalam, Anda harus mengetahui hal-hal yang menyebabkan isu kolesterol menjadi topik hangat yang tidak pernah bosan untuk diperbincangkan.

Faktor Kondisi Masyarakat

Kemajuan teknologi, meningkatnya pendapatan, serta majunya berbagai segi kehidupan di era modern telah mengubah gaya dan pola hidup masyarakat. Pola hidup yang saat ini dijalani cenderung ‘kebarat-baratan’. Gaya hidup kurang sehat ini tampak jelas pada kehidupan di kota-kota besar.

Terlihat dari makanan yang dapat dijumpai di setiap restoran siap saji atau fast food. Pada dasarnya, restoran-restoran siap saji tersebut bukanlah penyebab utama pergesaran pola hidup masyarakat, tetapi setidaknya menjadi sarana untuk mempercepat pergesaran pola makan bagi sebagian besar orang.

Pola hidup modern

Masyarakat dari berbagai usia umumnya menyukai sajian menu di restoran-restoran siap saji atau fast food. Selain praktis dan enak, pilihannya pun beraneka ragam. Padahal bila menilik dari sisi kandungannya, makanan-makanan dari restoran-restoran siap saji atau fast food tersebut mengandung protein dan lemak yang tinggi. Apabila pola makan tersebut tidak terkontrol dan keseimbangan gizi tidak terpenuhi maka seseorang akan lebih mudah terserang penyakit yang sulit disembuhkan, seperti kolesterolemia.

Seandainya masyarakat mau menyadari bahwa makanan tradisional warisan nenek moyang sebenarnya lebih banyak mengandung serat dan menyehatkan tubuh, tentunya mereka tidak akan beralih ke sajian masakan modern yang rendah serat. Ancaman serangan penyakit berbahaya pun dapat dihindari.

Selain pola makan yang kian tidak sehat, masalah lain seperti kebiasaan merokok dan stres berat dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius. Salah satu yang termasuk berbahaya adalah gangguan kolesterol tinggi.

Tingginya kadar kolesterol adalah faktor risiko utama penyebab penyakit jantung. Dengan mengontrol kadar kolesterol dan faktor risiko lainnya maka seseorang dapat mengurangi potensi terkena penyakit jantung.

Ada beberapa terapi yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yakni dengan

  • terapi diet,
  • terapi herbal,
  • terapi olahraga
  • terapi akupunktur dan akupresur
  • terapi yoga dan meditasi

Demikian info tentang Mengenal Seputar Penyakit Kolesterol semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.