Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Kebugaran Jasmani

komunitas sb1m

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Kebugaran Jasmani – Melakukan aktivitas fisik serta berolahraga akan dapat memberi manfaat bagi kesehatan serta kebugaran jasmani. Olahraga bila dilakukan dengan baik, benar, teratur, dan terukur dapat menurunkan risiko sekaligus sebagai pilihan terapi dalam mengatasi penyakit tidak menular seperti obesitas, diabetes, osteoporosis, dislipidemia, dan penyakit jantung koroner.

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Kebugaran Jasmani

Pasukan Synergy

Pada keadaan dislipidemia (adanya gangguan profil lipid darah antara lain hiperkolesterol atau tingginya kadar kolesterol darah), olahraga yang dilakukan dengan tepat akan dapat memperbaiki profil lipid darah yaitu menurunkan kadar total kolesterol dan trigliserida  serta dapat meningkatkan kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) dalam darah.

Olahraga dan Kesehatan Jantung

Pasukan Synergy

Kesehatan jantung erat kaitannya dengan kadar lipid dalam darah. Kadar kolesterol darah yang tinggi, terutama kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL), akan mengakibatkan terjadinya perubahan pada dinding pembuluh darah arteri. Jika kadar LDL tidak diturunkan maka pembuluh darah arteri semakin menyempit, sedangkan jika mengenai arteri koroner maka suplai darah ke jantung berkurang akibatnya otot jantung kekurangan oksigen sehingga timbul keluhan nyeri dada, sesak napas, pusing dan muntah.

Penurunan kadar kolesterol darah dapat memperlambat pembentukan bercak perlemakan (ateroma) dan akan mengurangi kemungkinan terkena serangan jantung. Oleh karena itu, upaya pencegahan merupakan cara terbaik dengan mengurangi faktor risiko. Salah satu upaya adalah melakukan aktivitas fisik dan olahraga.

Pada waktu melakukan aktivitas fisik dan olahraga akan dibutuhkan energi. Energi ini diperoleh dari cadangan karbohidrat dan lemak tubuh.

Berolahraga secara teratur akan membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih efisien, memperlancar sirkulasi darah sehingga suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel jaringan juga turut membaik. Hal ini juga dimungkinkan karena terbentuknya pembuluh darah kapiler yang baru.

Berolahraga secara teratur juga akan meningkatkan aktivitas berbagai enzim yang bertanggung jawab terhadap oksidasi lemak sehingga lebih banyak lemak yang digunakan sebagai sumber energi. Beberapa penelitian memperlihatkan bahwa orang yang sudah terlatih atau teratur melakukan olahraga akan lebih banyak menggunakan lemak sebagai sumber energi daripada karbohidrat dibandingkan orang yang kurang berolahraga atau tidak terlatih.

Demikian info tentang Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Jantung dan Kebugaran Jasmani semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply