Manfaat Label Gizi pada Kemasan Makanan

komunitas sb1m

Manfaat Label Gizi pada Kemasan Makanan – Produk makanan yang dipasarkan umumnya telah terbungkus rapi dengan kertas, plastik, atau kaleng dilengkapi dengan daftar atau label yang memberitahukan kandungan nutrisi atau macam isi makanan tersebut. Hal ini akan mempermudah konsumen dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginan, gizi, serta khasiatnya. Informasi yang biasa dicantumkan pada label kemasan makanan adalah informasi kandungan lemak total, energi total, gula, natrium, dan sebagainya.

manfaat label gizi pada kemasan makanan

Penjelasan terhadap informasi yang tertera pada Tabel di bawah adalah sebagai berikut. Dari informasi nilai gizi pada label tersebut terlihat

  • Takaran saji 6 keping (37 g)
  • Jumlah sajian per kemasan: 1
  • Energi total 170 kkal, dan
  • Energi dari lemak 60 kkal.

Artinya:

Pada setiap 1 sajian maka total energi yang akan Anda dapatkan sebesar 170 (termasuk di dalamnya energi sebesar 60 kkal dari lemak).

TabelĀ tentang Contoh Label yang Tertera di Kemasan Produk

Informasi Nilai Gizi Jumlah per Sajian
%AKG*
Jumlah per Sajian
%AKG*
Takaran saji 6 keping (37 g)
Jumlah sajian per kemasan : 1
Energi total 170 kkal
Energi dari lemak 60 kkal
Lemak Total 6,5 g 12%
Lemak jenuh 2,5 g 13%
Kolesterol 0 mg 0%
Protein 3 g 4%
Zat besi 15 %
Karbohidrat Total 26 g 9%
Serat Pang 1 g 6%
Gula 14 g
Natrium 200 mg 9%

*%AKG berdasarkan diet 2000 kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Berikut ini adalah uraian yang dapat menjelaskan manfaat label gizi pada kemasan makanan atau minuman.

1. Ukuran penyajian (1 porsi)

Apakah porsi yang kita makan sebesaryang tercantum dalam label? Bila makan 2 kali lipat dari porsi tersebut maka jumlah kalori juga harus dikalikan 2. Bila hanya separuh dari ukuran porsi tersebut, potonglah nilai kalori setengahnya.

2. Kalori

Untuk mereka yang kelebihan berat badan, potonglah sedikit kalori. Baca dalam label untuk mengetahui bagaimana porsi tersebut menambah total diet sehari.

3. Total lemak

Tujuannya adalah mengonsumsi lemak serendah mungkin, artinya jangan berlebihan menimbun kalori yang berasal dari lemak.

4. Lemak Jenuh

Lemak jenuh di dalam label nutrisi dituliskan terpisah karena mempunyai peranan yang besar dalam menaikkan kadar kolesterol. Makanlah sesedikit mungkin.

5. Kolesterol

Terlalu banyak makan kolestrol dapat menyebabkan Penyakit Jantung Koroner (PJK). Usahakan makan maksimal 300 mg (diet 1) dan 200 mg (diet 2). Ingat, sebutir kuning telur mengandung 200 mg kolesterol.

6. Sodium

Sodium, yang dikenal sebagai garam dapur, dapat menaikkan tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi jangan lebih dari 2.400 mg sodium per hari. Dokter mungkin menasihati lebih kecil dari jumlah tersebut.

7. Karbohidrat

Bila akan mengurangi konsumsi total lemak maka sebaiknya Anda mengonsumsi lebih banyak karbohidrat yang berada dalam makanan, seperti nasi, kentang, dan roti.

8. Dietary fiber

Dietary fiber termasuk serat yang larut maupun tidak larut dalam air. Sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan adalah sumber yang baik dari dietary fiber.

9. Protein

Pasukan Synergy

Makanan yang mengandung protein dari binatang juga mengandung lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, buatlah porsi yang sedikit mengandung daging tanpa lemak, ikan, dan hasil unggas. Gunakan susu rendah lemak atau tanpa lemak, yoghurt, dan protein asal dari turnbuh-tumbuhan seperti biji-biji dan kacang-kacangan.

10. Vitamin dan mineral

Pasukan Synergy

Usahakan untuk selalu mengonsumsi vitamin dan mineral sebesar 100 persen dari kebutuhan tubuh setiap harinya. Jangan menggantungkan asupan vitamin dari satu macam makanan saja.

Demikian info tentangĀ Manfaat Label Gizi pada Kemasan Makanan semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

 

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply