Langkah dalam Pelaksanaan Diet untuk Penderita Kolesterol

komunitas sb1m

Langkah dalam Pelaksanaan Diet untuk Penderita Kolesterol – Apakah pelaksanaan diet ketat dapat menurunkan lemak dan kolesterol darah? Jawabnya adalah tergantung kepada pola makanan atau diet saat ini, total kolesterol pada saat ini, dan faktor keturunan. Dalam kenyataannya, setiap individu memiliki respons yang berbeda-beda terhadap pengurangan kolesterol dan lemak di dalam makanan, yaitu tergantung pada kemampuan metabolisme tubuh.

Langkah dalam pelaksanaan diet untuk penderita kolesterol

Pelaksanaan diet rendah lemak dan kolesterol yang moderat disebut diet tingkat pertama atau diet dasar. Tingkat pertama ini direkomendasikan oleh Adult Treatment Pannel, untuk mengurangi kadar kolesterol darah.

Diet tingkat kedua direkomendasikan bagi mereka yang meskipun sudah melakukan diet tingkat pertama, tetapi belum mencapai sasaran. Sebelum memodifikasi diet, harap dites lebih dulu kadar kolesterol darah. Bila lebih tinggi dari 240 atau antara 200-240 mg/di hendaknya dibicarakan dengan dokter. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan untuk memeriksa profil lemak lebih dahulu dan untuk itu harus berpuasa semalam sebelumnya.

Pemeriksaan profil lemak ini meliputi kadar total kolestrol, Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL), dan trigliserida. Bila sebagian dari kadarnya di luar yang diinginkan, kemungkinan sekali ada masalah genetika atau penyakit-penyakit lain. Dalam hal ini dokter akan melihat lebih jauh mengenai berbagai penyakit yang diderita pasien mungkin ada hubungannya dengan metabolisme kolesterol dan trigliserida.

Seperti kita ketahui kombinasi kadar total kolesterol yang tinggi dengan faktor risiko lain dapat meningkatkan total risiko hingga 2–3 kali lipat. Bila kombinasi ini terjadi, penentuan diet akan sangat tergantung kepada hal tersebut. Usaha pertama seharusnya ditujukan untuk menurunkan faktor resiko secara spesifik.

Diet tingkat pertama atau dasar merupakan hal yang ideal bagi orang sehat untuk menjaga kesehatannya semenjak masa remaja. Apalagi bagi mereka yang memiliki total kolesterol di atas 200 mg/di dan LDL di atas 130 mg/dl, atau memiliki unsur-unsur profil lemak yang lain di luar kategori resiko rendah. Sebaiknya pengetatan diet untuk orang yang masuk dalam kategori tersebut dilakukan secara bertahap, seperti berikut.

Langkah 1 : Kurangi total lemak

Tindakan ini untuk mengurangi rata-rata masukan harian (daily intake) dari 30% kalori.

Langkah 2 : Kurangi lemak jenuh

Pasukan Synergy

Pengurangan total lemak dalam bahan makanan (dietary far). Dapat juga dilakukan dengan mengurangi lemak jenuh dan mengganti sebagian dengan lemak tidak jenuh. Sebagai contoh, bila seseorang melakukan diet tingkat pertama dengan mengonsumsi 1.800 kalori maka ia mengonsumsi 60 gram total lemak. Dari angka tersebut, lemak jenuh tidak boleh lebih dari 20 untuk memenuhi petunjuk di atas.

Langkah 3 : Tingkatkan lemak tidak jenuh majemuk

Pasukan Synergy

Pada diet tingkat pertama, konsumsi rata-rata lemak tidak jenuh majemuk naik menjadi 4½ persen total kalori, dengan harapan penurunan kolesterol sebesar 5 mg/dl dalam darah.

Langkah 4 : Kurangi kolesterol dalam makanan menjadi 300 mg/dl

Bagi mereka yang makanannya mengandung kolesterol sebanyak 400-450 mg/dl kemudian diturunkan menjadi 300 mg/dl, akan berkontribusi dalam penurunan kadar kolesterol darah sebanyak 5-10 mg.

Langkah 5: Tambahkan karbohidrat kompleks dan serat pada diet

Menaikkan konsumsi karbohidat kompleks terutama serat yang larut dalam air. Hal ini membantu penurunan kolesterol dalam darah.

Setiap langkah sebaiknya dimulai dengan selang waktu 1–2 minggu, agar peserta diet tidak “terkejut” dengan perubahan rasa menu yang akan dikonsumsi. Umumnya, makanan yang banyak mengandung lemak jenuh rasanya lebih enak daripada yang mengandung lemak tidak jenuh, misalnya minyak kelapa dibandingkan minyak canola, atau sirloin steak dibanding steak dan lean meat.

Demikian info tentang Langkah dalam Pelaksanaan Diet untuk Penderita Kolesterol semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply