Jenis Suplemen untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Pada kesempatan ini kami akan bahas terkait dengan Jenis Suplemen untuk Penderita Kolesterol Tinggi. Di samping obat-obatan, sering juga digunakan suplemen dan vitamin dalam usaha memperbaiki kadar kolesterol.

Jenis Suplemen untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Suplemen atau vitamin yang banyak, terdapat di pasaran, antara lain sebagai berikut.

– Antioksidan, vitamin C, dan E

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa proses terjadinya atherosklerosis berkaitan erat dengan kejadian, di mana kadar kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) mengalami oksidasi sehinga membentuk buih dan menempel pada dinding arteri. Buih tersebut lama-kelamaan bercampur zat-zat lain dalam darah dan membentuk materi yang lebih padat. Akibatnya, terjadilah plak yang dapat menyempitkan rongga (lumen) arteri.

Berdasarkan teori tersebut, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengurangi terjadinya peristiwa oksidasi, di antaranya dengan memberikan vitamin E karena bersifat antioksidan. Kombinasi vitamin E dan C amat bermanfaat dalam menanggulangi peristiwa atherosklerosis. Buah dan sayuran-sayuran, selain kaya serat juga mengandung antioksidan sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya setiap hari.

– Minyak ikan dan omega-3

Omega-3 bersifat menurunkan kadar trigliserida mengurangi partikel LDL, dan menaikkan partikel High Density Lipoprotein (HDL). Omega-3 terdapat pada ikan dan beberapa jenis tumbuh-tumbuhan serta biji-bijian. Bahan ini ternyata merupakan komponen makanan yang cukup besar bagi penduduk di sekitar Laut Tengah. Selain itu, juga menjawab pertanyaan mengapa orang-orang Eskimo yang menunya sebagian besar ikan laut, memiliki resiko terserang Penyakit Jantung Koroner (PJK) yang rendah.

Susunan lemak dalam ikan amat berbeda dengan lemak yang berasal dari binatang yang hidup di daratan. Binatang darat mempunyai kadar lemak jenuh yang tinggi. Sementara minyak dari ikan pada umumnya memiliki komposisi 30 persen lemak tidak jenuh tunggal dan 40 persen lemak tidak jenuh majemuk serta memiliki juga lemak jenis omega-3.

Hanya saja harus diingat bahwa beberapa makanan yang berasal dari laut yang mengandung omega-3 dan total lemaknya rendah, juga mengandung kadar kolesterol yang cukup tinggi, misalnya udang. Oleh karena itu, udang dan sejenisnya sebaiknya di hindari.

Menurut penelitian, cara keja omega-3 secara garis besar adalah molekul omega-3 bersatu ke dalam sel yang dapat menjauhkan kolesterol jahat dan platelets (sel-sel darah kecil yang berfungsi dalam penggumpalan darah). Kelihatannya omega-3 melindungi sel untuk mencegah terlepasnya plak dari tempat kedudukannya. Pengaruh terakhir ini merupakan hasil penelitian yang paling penting.

Seperti diketahui, umumnya kematian mendadak karena serangan jantung disebabkan oleh berhentinya darah yang mengalir melalui pembuluh koroner. Bila plak itu pecah dan diikuti oleh berbagai proses yang terjadi dalam pembuluh arteri, kemungkinan besar bisa menyumbat aliran darah koroner. Namun demikian, dianjurkan bahwa pemakaian omega-3 dari tumbuhan hendaknya diperbanyak karena lebih baik daripada yang berasal dari binatang, alasannya adalah sebagai berikut.

  • Walaupun sedikit, tetapi ikan juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol sehingga dapat menaikkan kadar LDL.
  • Pada penderita diabetes, minyak ikan mungkin dapat menyebabkan resistensi insulin dan menaikkan kadar gula darah.
  • Minyak ikan mudah mengalami oksidasi.

Demikian info tentang Jenis Suplemen untuk Penderita Kolesterol Tinggi semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.