Golongan Makanan Nabati untuk Diet

Topik kita sekarang yaitu Golongan Makanan Nabati untuk Diet. Jenis makanan nabati untuk melakukan diet khususnya diet dari American Heart Association (AHA) beranekaragam. Berikut ini beberapa golongan makanan nabati untuk diet yaitu :

Golongan Makanan Nabati untuk Diet

Golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian

Untuk memenuhi keperluan tubuh, konsumsi roti, nasi, dan lainnya tiga kali atau lebih setiap hari. Porsi setiap penyajian dapat berbeda-beda, rata-rata sebesar ½ mangkok atau beberapa iris roti. Makanan ini rendah lemak dan kolesterol, mengandung banyak vitamin B dan zat besi, serta mungkin sekali mengandung serat yang tinggi.

Makanan golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian mengandung jumlah karbohidrat kompleks yang besar. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena pada golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian ini terdapat sumber lemak jenuh yang tersembunyi, seperti roti yang diolah menjadi kue, cracker, dan pie.

Bahan yang terkandung dalam golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian tersebut umumnya berasal dari minyak tumbuhan yang memiliki lemak jenuh, seperti kelapa, palem, dan minyak hewani yang mengandung lemak jenuh.

Cara konsumsi golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian untuk diet yaitu :

  • Penyajian padi-padian dan umbi-umbian dilakukan sebanyak 3 kali atau lebih.
  • Pilihan yang dianjurkan yaitu beras atau nasi, gandum atau roti, jagung, terigu, bihun, kentang, singkong, dan makaroni.
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari biskuit, mi telur, serta kue-kue manis berlemak (seperti roti manis, cokelat, keju, dan goreng-gorengan).

Golongan sayuran dan buah-buahan

Umumnya, kita harus makan buah-buahan dan sayuran dua kali atau lebih dalam sehari sebanyak ½ mangkok. Sayuran dan buah-buahan mengandung kalori amat rendah dan bebas kolesterol. Makanan golongan sayuran dan buah-buahan ini mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh, juga mengandung sodium rendah, kadang-kadang malah mengandung potassium dan serat tinggi.

Oleh karena itu, sayuran dan buah-buahan merupakan pilihan yang baik dalam diet. Buah kelapa dan durian merupakan pengecualian karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.

Cara konsumsi golongan padi, gandum, sagu, dan umbi-umbian untuk diet yaitu :

  • Penyajian sayuran dan buah-buahan, dilakukan sebanyak 2 kali atau lebih..
  • Pilihan yang dianjurkan yaitu semua buah segar, kecuali durian dan alpukat, buah yang dikeringkan, sayuran segar atau direbus.
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari durian, alpukat dengan ditambah gula, kelapa, buah-buah dalam kaleng yang manis dan telah diberi bumbu atau soda, sayuran dan buah-buahan yang digoreng.

Golongan gula sederhana (simple sugar)

Gula sederhana merupakan sumber energi, yaitu 4 kalori per gram. Hanya sedikit yang mengandung nutrisi. Sebaiknya pilih karbohidrat kompleks yang dapat memberi energi dan juga mineral, vitamin, serta serat.

Hal ini disebabkan tubuh dapat mengubah gula sederhana menjadi lemak yang disebut trigliserida. Dengan demikian, diet yang tinggi akan gula sederhana dapat menaikkan kadar trigliserida dalam darah. Oleh karena itu, gula sederhana seperti gula tebu, selai, jelly, sirup, madu, dan permen hendaknya dimakan dalam jumlah terbatas.

Cara konsumsi golongan gula sederhana untuk diet yaitu :

  • Gula sederhana (karbohidrat sederhana), dikonsumsi kadang-kadang dengan jumlah moderat
  • Pilihan yang dianjurkan yaitu jus buah-buahan, cokelat tanpa gula, buah-buahan yang dikeringkan (tanpa gula).
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari soft drink yang manis, kue-kue permen manis, madu, selai cokelat manis, gula tebu, dan sirup.

Demikian info tentang Golongan Makanan Nabati untuk Diet semoga bermanfaat.

Referensi:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.