Golongan Makanan Lain untuk Diet

komunitas sb1m

Golongan Makanan Lain untuk Diet – Selain penggolongan makanan yang telah dijelaskan di postingan sebelumnya, ada beberapa golongan lain yang patut diperhatikan untuk program diet yaitu :

Golongan Makanan Lain untuk Diet

Pasukan Synergy

1. Konsumsi sodium (garam dapur)

Pasukan Synergy

Jumlah sodium dalam diet penting untuk mereka yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau penyakit jantung. Bagi sebagian orang yang telah mempunyai tekanan darah tinggi, mengurangi asupan sodium akan menurunkan tekanan darah.

Hal ini disebabkan sodium cenderung mendorong tubuh untuk menahan cairan. Mereka yang telah memiliki sakit jantung hendaknya membatasi sodium kurang dari 2.400 mg setiap hari. Garam dapur merupakan sumber yang jelas yaitu terdiri atas 40 persen sodium dan 60 persen klorida. Dalam 1 sendok teh garam mengandung 2 ribu mg sodium.

Penambahan garam pada makanan di meja juga meningkatkan total masukan garam dalam tubuh. Bahkan makanan alamiah, seperti susu, daging, dan sayuran telah mengandung sodium. Namun, sebagian besar dari sodium yang ditambahkan ke dalam makanan sewaktu dimasak merupakan sumber terbesar sodium dalam diet.

Menurut hasil penelitian Mattes D. dan Donnelly D. komposisi sumber sodium dalam makanan adalah sebagai berikut.

  • 77 persen berasal dari sodium yang ditambahkan untuk memproses bahan makanan (pengawet dan lain-lain).
  • 12 persen berasal dari sodium yang secara alamiah terkandung dalam bahan makanan.
  • 5 persen sodium yang ditambahkan pada waktu memasak.
  • 6 persen sodium yang ditambahkan pada hidangan di meja.

Pabrik makanan menawarkan berbagai jenis makanan rendah sodium, seperti sayuran dalam kaleng dan berbagai jenis bumbu, misalnya sambal, saus, dressing, dan lain-lain. Dalam hal ini, bacalah label nutrisi untuk mengetahui kadar sodium dalam makanan dairy product (merupakan sumber alamiah dari sodium).

Perlu Anda ketahui, tiga gelas susu mengandung 375 mg sodium. Jadi, jika Anda sudah minum lebih dari 3 gelas susu, tetapi masih ingin tambah makan yoghurt, keju, dan es krim maka konsumsi pula makanan segar dalam pengganti makanan jumlah besar sebagai pengganti makanan yang diolah. Makanan pengganti ini dapat mengontrol jumlah sodium yang di tambahkan. Bila memasak pilihlah sayuran dan bahan-bahan yang masih segar.

2. Makanan kecil

Makanan kecil atau camilan umumnya mengandung kadar glukosa tinggi. Dalam usaha menjaga kesehatan jantung, makanan tersebut juga harus dikendalikan, baik macam maupun jumlahnya. Makanan kecil atau masakan yang terdiri dari kue manis sering kali memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi.

Oleh karena itu, makanlah sekali-kali saja. Bila melakukan diet rendah kalori, misalnya ingin mengurangi berat badan, harus mengurangi makanan tersebut. Pilihlah kue-kue, roti, dan snack yang mengandung rendah lemak atau bebas lemak.

3. Makan pada waktu pesta

Kadang-kadang kita tergoda untuk meninggalkan diet sebentar / sesaat. Ini biasanya terjadi pada waktu menghadiri pesta atau saat berada di restoran. Di sana Anda akan menemui banyak masakan serba lezat yang mengandung lemak atau kolestrol cukup tinggi, kue-kue yang amat manis, steak, sate kambing, durian, dan lain sebagainya. Tanpa sadar, kita telah makan melewati jumlah lemak, kolestrol, dan gula yang biasanya dimakan dalam seminggu.

Keadaan seperti itu harus dihindari, karena makanan yang mengandung kadar lemak tinggi tersebut akan langsung berbahaya bagi seseorang yang selama ini melakukan diet rendah lemak secara rutin. Makanan yang tinggi lemak tiba-tiba masuk ke dalam sistem pencernaan dan darah. Akibatnya, aliran darah menjadi agak lambat.

Rasa sakit di dada sering kali mengikuti setelah mengonsumsi makanan yang kaya atau penuh dengan lemak. Kadang-kadang keadaan yang berlangsung sekilas ini dapat menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, para ahli sering menasihati jika Anda ingin mengganti diet dan kembali ke makan yang tinggi kadar lemak dan kolesterol, sebaiknya Anda melakukannya setingkat demi setingkat.

Dengan begitu, Anda memberi kesempatan kepada tubuh untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut dalam waktu yang cukup sehingga tidak menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan.

Demikian info tentang Golongan Makanan Lain untuk Diet semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply