Golongan Makanan Hewani untuk Diet

komunitas sb1m

Golongan Makanan Hewani untuk Diet – Jenis makanan hewani untuk melakukan diet ada beranekaragam jenis. Berikut ini beberapa golongan makanan hewani yang digunakan untuk melakukan program diet yaitu :

Golongan Makanan Hewani untuk Diet

1. Golongan susu dan keju

Beberapa orang tidak menyentuh produk susu dan keju karena merasa makanan tersebut mengandung kolesterol dan lemak yang tinggi. Pada kenyataannya, kandungan lemak dan kolestrol bahan makanan tersebut dalam bentuk aslinya memang tinggi.

Namun, produksi makanan pada saat ini telah membuat makanan yang berasal dari bahan-bahan tersebut menjadi rendah lemak (low fat), bahkan bebas lemak (non-fat). Jadi, kalau masih menggemari jenis makanan tersebut, pilihlah yang sudah berkadar lemak rendah atau bebas lemak

Cara konsumsi golongan susu dan keju untuk diet yaitu :

  • Penyajian susu dan keju dilakukan sebanyak 2 atau 3 kali.
  • Pilihan yang dianjurkan yaitu susu skim, susu nonfat, yoghurt nonfat, margarin atau keju rendah lemak, dan keju.
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari susu murni (whole milk), es krim, keju es krim, dan kue yang dibuat dengan campuran susu.

2. Golongan daging, hasil unggas, ikan dan telur

Daging, hasil unggas, dan seafood merupakan sumber potein penting. Sebagian dari protein yang tidak dibuat oleh tubuh disebut protein esensial sehingga harus didapatkan dari makanan Sebagian besar orang mengambil minyak amino esensial dari protein binatang.

Dalam diet diusulkan untuk mengganti sejumlah protein hewani dengan protein nabati. Hal ini disebabkan bahan tersebut mengandung total lemak dan kalori lebih rendah.

Pasukan Synergy

Bila kita makan hasil unggas, kulit dan lapisan di bawah kulit harus dibuang sebelum dimasak karena kulit merupakan lemak. Daging unggas sebaiknya dipanggang, jangan digoreng. Namun, bila harus menggoreng, gunakan minyak jagung atau minyak canola. Hasil laut seperti rajungan, lobster, kerang, dan oyster boleh dimakan dengan jumlah terbatas.

Cara konsumsi daging, hasil unggas, ikan dan telur untuk diet yaitu :

Pasukan Synergy
  • Penyajian daging, unggas, ikan, dan telur dilakukan sebanyak 200 – 500 gram.
  • Pilihan yang dianjurkan yaitu daging bebas lemak, daging unggas tanpa kulit, ikan, dan putih telur.
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari semua daging berlemak, babi, sosis, kornet, kulit unggas, jeroan, otak, unggas dan hasil unggas, kuning telur, serta produk dalam kaleng.

3. Golongan lemak dan minyak

Minyak adalah lemak cair. Satu sendok kecil minyak goreng mengandung hampir 14 gram total lemak. Perbandingan lemak jenuh, lemak tidak jenuh ganda, dan lemak tidak jenuh tunggal berbeda-beda tergantung jenis minyaknya.

Menambahkan setiap macam minyak ke makanan, misalnya dengan menggoreng, akan meningkatkan kadar kolesterol. Alasannya sederhana. Meskipun beberapa jenis minyak mengandung asam lemak tidak jenuh yang tinggi, tetapi minyak selalu mengandung lemak jenuh. Semakin banyak minyak yang digunakan maka semakin banyak pula lemak jenuh yang dikonsumsi.

Sebagai contoh, minyak zaitun mengandung 1,9 gram lemak jenuh per sendok teh atau sekitar 14 persen lemak jenuh. Jadi, menambahkan minyak zaitun pada makanan berarti kita menambahkan lemak jenuh pada makanan yang digoreng. Semakin banyak minyak yang ditambahkan maka semakin tinggi kenaikan kolesterolnya, lebih-lebih lagi jika menambahkan minyak kelapa yang mengandung 92 persen lemak jenuh.

Dalam hal pemakaian lemak atau minyak dianjurkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Bila memilih minyak goreng, pilihlah yang tidak melebihi 2 gram lemak jenuh setiap sendok makan. Jenis ini termasuk canola, minyak bunga matahari, minyak jagung, dan minyak kedelai.
  • Pilihlah margarin yang mengandung minyak dari tumbuh-tumbuhan.
  • Pilihlah bumbu (dressing) salad, pecel, atau gado-gado tidak lebih dari 1 gram lemak jenuh per sendok makan.

Cara konsumsi golongan lemak dan minyak untuk diet yaitu :

  • Pilihan yang dianjurkan yaitu minyak canola, minyak zaitun, minyak jagung, minyak kedelai, dan minyak kacang tanah
  • Untuk melakukan diet harus membatasi atau menghindari minyak kelapa, santan, lemak babi, minyak palem, dan bumbu berlemak (dressing).

Demikian info tentang Golongan Makanan Hewani untuk Diet semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply