Diet Reversal Merupakan Program Diet yang Direkomendasikan

komunitas sb1m

Diet reversal merupakan program diet yang direkomendasikan oleh Dr. D. Ornish dalam bukunya Reversal Heart Disease. Diet reversal (reversal diet) adalah diet untuk orang-orang yang sudah mempunyai tanda-tanda penyumbatan pada arteri dan ingin melakukan reversal, yaitu memperkecil ukuran plak yang telah terlanjur mengendap pada arteri.

Diet Reversal Merupakan Program Diet yang Direkomendasikan

Pasukan Synergy

Diet reversal juga akan mengurangi timbulnya penyakit degeneratif yang lain termasuk obesitas, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, dan atherosclerosis. Tambahan lagi diet reversal juga akan membantu kita merasa bugar (energetik), berpikir lebih jernih, dan memperbaiki kinerja fisik. Dengan kata lain, kita akan dapat menikmati hidup lebih baik.

Bagaimana keadaan di atas dapat terjadi? Semua makanan terjadi dari tiga konstituen, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat. Kebanyakan orang yang tingkat ekonominya baik, mengonsumsi 40-50 persen kalori sebagai lemak.

Meskipun mereka menyangka bahwa karbohidrat membuat gemuk, kenyataannya tidaklah demikian. Justru lemaklah yang membuat seseorang gemuk dan meningkatkan risiko terkena atherosklerosis. Bukan kentang atau nasi yang tinggi kadar lemaknya (kalorinya), tetapi krim dan mentega yang dicampur ke dalamnya.

Krim dan mentega tersebut mengandung 9 (sembilan) kalori untuk setiap gram lemak, sedangkan protein dan karbohidrat memiliki 4 (empat) kalori tiap gram. Diet reversal tidaklah mengandung 40-50 persen lemak melainkan hanya 10 (sepuluh) persen kalori yang berasal dari lemak.

Dalam diet reversal, makanan yang dipiih berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ini berarti sangat banyak macam makanan yang dapat dipilih. Dalam menjalani diet reversal, Anda boleh makan sepuasnya dan boleh makan kembali jika merasa lapar. Karena kandungan lemak demikian rendah, seseorang yang melakukan diet reversal sering merasa lapar sebelum waktu makan.

Pasukan Synergy

Menurut Dr. D. Ornish, hasil dari diet reversal tersebut amat monumental, tetapi banyak pula kalangan mengkritik bahwa diet tersebut terlalu ketat mendekati vegetarian sehingga pesertanya cenderung tidak disiplin dalam jangka panjang.

Dasar diet reversal adalah pemilihan makanan yang dikonsumsi harus berdasarkan kriteria berikut.

  • 10 persen kalori lemak sehingga besar lemak merupakan lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh majemuk (sangat rendah lemak).
  • 70-75 persen kalori karbohidrat (terdiri dari karbohidrat kompleks).
  • 10-15 persen kalori protein (sedikit protein).
  • 5 mg kolesterol per hari.
  • Tidak termasuk makanan yang mengandung lemak jenuh yang tinggi (seperti alpukat dan kacang)
  • Mengandung kadar serat yang tinggi. Tidak mengandung semua macam minyak dan macam produk peternakan kecuali susu non-fat dan yoghurt. Putih telur boleh dikonsumsi.
  • Tidak mengandung kafein, Monosodium Glutamat (MSG), dan stimulan yang lain.
  • Menggunakan garam dan gula secara moderat.

Demikian info tentang Diet Reversal Merupakan Program Diet yang Direkomendasikan semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply