Buah yang Sangat Bagus Dikonsumsi untuk Mengatasi Kolesterol

komunitas sb1m

Berikut beberapa buah yang sangat bagus dikonsumsi untuk mengatasi kolesterol tinggi yaitu :

Buah yang Sangat Bagus Dikonsumsi untuk Mengatasi Kolesterol

1. Apel

Apel mengandung banyak magnesium, zat besi, dan silikon. Di samping itu, apel juga mengandung potasium yang dapat melancarkan pencernaan, fosfor, sodium, kalsium, belerang, dan klor. Apel juga mengandung vitamin A, B, C, dan G. Zat asam pada apel terkenal sebagai zat pembersih tubuh dan penyembuh peradangan dalam tubuh.

Pasukan Synergy

Apel adalah makanan bebas kolesterol sempurna yang membantu mempertahankan kadar kolesterol tetap rendah. Seperempat bagian dari sebuah apel terdiri dari pektin dan serat yang larut dalam air sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama, pektin menaikkan kadar HDL atau kolesterol yang diperlukan oleh tubuh untuk kegiatan sehari-hari, seperti menghasilkan hormon. Tingkat HDL yang tinggi juga dikaitkan dengan rendahnya risiko terserang penyakit jantung.

Pektin membatasi jumlah lemak yang dapat diserap oleh sel adipose atau sel lemak dengan membangun sebuah “barrier” yang secara alami mengendalikan penumpukan lemak di dalam tubuh. Tidak lama setelah mengonsumi buah dengan kandungan pektin tinggi, proses pembuangan lemak di dalam tubuh segera dimulai. Sebuah enzim di dalam buah melepaskan pektin yang larut dan mudah dicerna.

Jika telah berada di dalam tubuh, pectin menciptakan suatu sifat pengikat air yang kuat. Kemudian pektin menyerap substansi air itu dan menggunakannya untuk membebaskan sel dari gumpalan-gumpalan lemak. Minum sari buah apel segar atau jus apel l gelas per hari membuat pektin mudah dicerna sehingga dapat bekerja cepat dalam membersihkan lemak.

2. Belimbing

Buah yang bentuk irisannya seperti bintang ini mengandung protein, kalsium, fosfor dan besi. Kandungan vitamin A, B1, dan C menyebabkan belimbing memiliki khasiat yang hampir sama dengan buah-buahan lain. Selain itu, belimbing juga mengandung sedikit lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker.

Di dinding sel belimbing terdapat pektin sehingga dapat dibuat jeli. Kemampuan pembentukan gel ini mempunyai pengaruh dalam menurunkan kolesterol. Dalam hal ini, pektin mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam usus serta mendorong pengeluarannya. Mengonsumsi belimbing dalam bentuk jus akan lebih maksimal dibandingkan mengonsumsinya secara langsung. Idealnya, jus belimbing dikonsumsi 1 gelas per hari.

3. Pisang

Pisang hampir tidak mengandung natrium, tetapi cukup banyak mengandung vitamin C dan 86 sehingga bisa dijadikan pilihan yang baik bagi mereka yang membutuhkan lebih banyak vitamin 86. Pisang juga menganduhg sejumlah nutrisi atau zat gizi yang penting dalam menstabilkan saluran gastrointestinal. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pisang harus dikonsumsi dalam keadaan masak. Pisang sangat berguna untuk memberikan energi bagi orang lanjut usia. Selain itu, pisang juga mampu membentuk permukaan sel lambung lebih kuat dalam menahan cairan yang berbahaya atau beracun.

Pisang melawan rasa lapar dan memberikan rasa kenyang yang menyenangkan. Kombinasi fruktosa alami dan serat membuat pisang banyak digemari, baik oleh anak maupun oleh orang dewasa. Kandungan gula fruktosa dalam serat dan karbohidrat akan dilepaskan ke dalam tubuh secara perlahan-lahan sehingga tubuh tidak mengalami pelonjakan kadar gula atau justru sebaliknya, anjioknya kadar gula.

Kandungan serat hemiselulosa di dalam pi sang juga baik untuk jantung karena membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Pisang mengandung lebih banyak serat pektin dibandingkan apel, yang juga merupakan buah sebagai penurun kolesterol. Para peneliti telah menemukan bahwa pisang menurunkan kolestrol darah pada hewan percobaan dan menaikkan HDL sebesar 30%. Agar tubuh sehat, dianjurkan mengonsumsi 1 gelas jus pisang per hari.

4. Jambu biji

Jambu yang berasal dari Amerika Tengah ini dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Waiaupun ada berbagai jenis jam bu, jam bu biji paling banyak digemari oleh masyarakat. Jambu biji mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, jam bu biji juga mengandung vitamin 8, A, niasin, pektin, kalsium, fosfor, dan besi

Serat yang tinggi pada jambu biji cukup baik untuk melancarkan pencernaan. Pencernaan yang lancar akan membawa kotoran-kotoran yang tidak terserap oleh usus sehingga tidak akan timbul deposit kotoran yang mengakibatkan keadaan tidak sehat di saluran cerna. Sernentara itu, kandungan pektin yang tinggi dapat digunakan sebagai bahan jeli. Manfaat pektin yang lain adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam empedu di dalam usus, serta membantu pengeluarannya. Mengonsumsi l gelas jus jam bu biji per hari akan mengurangi risiko terjadinya kolesterol tinggi.

Pasukan Synergy

5. Pir

Buah pir merupakan jenis buah-buahan yang tumbuh di darerah sub-tropis. Bentuknya seperti buah jambu monyet, rasanya manis, dan berair seperti buah jambu biji. Buah ini sudah tidak asing lagi karena sering dimakan sebagai pencuci mulut. Selain itu, buah pir dapat juga dimanfaatkan untuk kesehatan.

Buah pir banyak mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh dan berkhasiat mencegah serta mengatasi berbagai penyakit. Contoh khasiat buah pir adalah mengatasi muntah-muntah sewaktu hamil, muntah darah, muntah karena gangguan lambung, mual, kembung, batuk, batuk rejan, bronkhitis, asma, radang tenggorokan, tenggorokan kering, panas dalam, suara serak, gangguan pencernaan, mata merah/bengkak, bisul, abses, sering emosi, membersihkan dan menguatkan lambung, meringankan rasa nyeri, mencegah dan mengatasi penyakit jantung/penyakit paru-paru, penderita TBC yang badannya panas, TBC pendarahan, stroke, hemiplegia, dan lain-lain.

Demikian info tentang Buah yang Sangat Bagus Dikonsumsi untuk Mengatasi Kolesterol semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply