Beberapa Tanaman Obat yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

komunitas sb1m

Ada beberapa tanaman obat yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Misalnya jati belanda, temulawak, bawang putih, jintan hitam, tapak liman, kunyit, dan labu siam.

Beberapa Tanaman Obat yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol

1. Jati belanda

Tanaman jati belanda merupakan tanaman obat andalan yang sering digunakan untuk ramuan pelangsingan. Tanaman ini memiliki kelebihan dalam hal melarutkan lemak dan kolesterol dalam tubuh. Oleh karena khasiatnya yang menonjol dalam melarutkan lemak dan kolesterol maka tanaman ini sering digunakan dalam berbagai ramuan produk pelangsingan. Mengonsumsi rebusan jati belanda secara berkala dapat menurunkan berat badan sekaligus dapat menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam darah.

2. Temulawak

Temulawak (kurkumin) berfungsi sebagai pelindung sel-sel hati. Selain itu juga berfungsi sebagai kolagoukum atau memudahkan pengeluaran cairan empedu untuk pencernaan lemak. Kurkumin dalam temulawak mampu mengikat radikal bebas jenis peroksida lemak.

Kurkumin dalam temulawak juga berfungsi sebagai agen dalam membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein / LDL)   dan justru meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein / HDL) yakni dengan melancarkan cairan empedu ke dalam hati.

Cairan empedu yang diproduksi di dalam hati berfungsi untuk menunjang proses penyerapan pencernaan. Cairan ini mengandung garam, air, empedu, bilirubin, kolesterol, dan lemak. Bila produksi dan pengeluarannya lancar maka pengeluaran cairan empedu melalui feses juga akan berjalan lancar. Artinya, pengeluaran kolesterol dan lemak juga semakin lancar.

3. Jintan hitam (habbatussauda)

Jintan hitam (habbatussauda) sudah digunakan untuk pengobatan sejak ribuan tahun sebelum masehi. Jenis tanaman ini menjadi sangat popular di Timur Tengah karena keistimewaannya dalam melarutkan kolesterol dalam darah. Oleh karena khasiatnya tersebut, sebagian masyarakat Timur Tengah kerap menyertakan jintan hitam dalam menu makanan, terutama sewaktu mengonsumsi daging atau makanan berlemak lainnya. Mengonsumsi jintan hitam secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Pasukan Synergy

4. Bawang putih

Selain berkhasiat sebagai antibakteri dan antihipertensi, bawang putih juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol dalam darah..

5. Sambung nyawa

Sambung nyawa termasuk dalam famili Compositae, dikenal dengan nama daerah ngokilo dan bahasa Cina she juan jao atau fujung jao. Selain berkhasiat mengatasi gangguan peradangan lambung, kanker, dan tumor, tanaman ini juga berperan dalam menurunkan kolesterol di dalam darah. Daun sambung nyawa dapat dikonsumsi segar sebagai lalapan atau diolah dalam bentuk rebusan.

6. Tapak liman

Berdasarkan hasil uji praklinis yang dilakukan di Fakultas Farmasi, Universitas Katolik Widya Mandala (Widman), Surabaya, disebutkan bahwa penggunaan ekstrak daun tapak liman dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan LDL secara signifikan. Selain berfungsi menyembuhkan influenza, demam, amandel, radang tenggorokan, radang mata, disenteri, diare, gigitan ular, batuk, sakit kuning, busung air, radang ginjal, bisul, kurang darah, radang rahim, dan keputihan, tapak liman bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

7. Daun bawang

Daun bawang berguna sebagai obat penurun kolesterol dalam darah. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan di Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan, Universitas Hasanudin.

8. Bayam duri

Selain berguna sebagai penurun kadar kolesterol, bayam duri juga dapat menyembuhkan kencing nanah, kencing tidak lancar, bronkhitis, produksi ASI, penambah darah, eksim, bisul, dan demam.

9. Belimbing wuluh

Pasukan Synergy

Belimbing wuluh yang memiliki nama latin Averrhoa bilimbi L. juga berkhasiat sebagai penurun kadar kolesterol darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Katolik Widman, Surabaya, perasan air belimbing wuluh ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol darah kelinci jantan. Selain itu, belimbing wuluh juga berkhasiat menyembuhkan batuk, sariawan (stomatitis), perut sakit, gondongan (parotitis), rematik, batuk rejan, gusi berdarah, sariawan, sakit gigi berlubang, jerawat, panu, tekanan darah tinggi (hipertensi), kelumpuhan, memperbaiki fungsi pencernaan, dan radang rektum.

Demikian info tentang Beberapa Tanaman Obat yang Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply