Beberapa Hal tentang Diet Reversal yang Perlu Anda Tahu

komunitas sb1m

Beberapa Hal tentang Diet Reversal yang Perlu Anda Tahu yaitu :

1. Diet reversal lebih ketat dibandingkan diet versi AHA

Seperti diketahui bahwa diet versi American Heart Association (AHA) yang membatasi konsumsi lemak maksimal 30 persen dari kalori, sedikit daging merah, unggas tanpa kulit, banyak makan ikan, dan lain-lain dimaksudkan sebagai panduan bagi masyarakat umum untuk menjaga kesehatan, khususnya sistem jantung dan pembuluh darah.

Pasukan Synergy

Beberapa Hal tentang Diet Reversal yang Perlu Anda Tahu

Namun, penelitian lebih jauh menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai pengendapan plak pada arteri atau Penyakit Jantung Koroner (PJK) 30 persen kalori dari lemak belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini disebabkan diet reversal menurunkan konsumsi total lemak secara  drastis maksimal 10 persen terdiri dari sebagian besar lemak tidak jenuh tunggal dan lemak tidak jenuh majemuk.

2. Diet reversal amat rendah lemak

Jika Anda ingin menjalani diet reversal, sejauh mungkin hindari protein hewani kecuali putih telur dan susu non-fat. Diet reversal menurut penelitian dapat menimbulkan regresi. Diet reversal dapat dianggap sebagai vegetarian (berasal dari turnbuh-tumbuhan) karena kolestrol hanya dijumpai pada produk-produk hewani.

Produk-produk hewani cenderung mengandung lemak jenuh yang tinggi di mana lever dapat mengubah lemak jenuh menjadi kolesterol. Makanan vegetarian bebas kolesterol dan dengan sedikit pengecualian mengandung lemak jenuh yang rendah. Pengecualian ini termasuk alpukat, kelapa, cokelat, durian, dan beberapa kacang-kacangan. Harap diingat, langkah yang hanya setengah-setengah tidak cukup untuk terjadinya regresi.

3. Diet reversal, terutama terdiri dari karbohidrat kompleks

Diet reversal terutama terdiri dari karbohidrat kompleks atau dikenal sebagai pati (starches) seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan, Karbohidrat kompleks dapat menyebabkan rasa kenyang di perut.

Sebaliknya, karbohidrat sederhana seperti gula dan madu disebut kalori kosong, artinya kalori yang tidak mengandung nilai nutrisi sehingga mudah sekali memakannya tanpa sadar akan keadaan tersebut. Oleh karena itu, sebaiknya jenis-jenis karbohidrat tersebut harus diganti.

Persoalannya adalah bahwa gula seringkali berada dalam makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, seperti kue dan es krim. Penelitian KJ Acheson dari Swiss dan koleganya menunjukkan bahwa hanya sedikit karbohidrat kompleks yang dimakan oleh seseorang yang akan diubah menjadi lemak tubuh.

Selain itu, diperlukan banyak kalori dari tubuh untuk mencerna dan mengubah karbohidrat dibandingkan untuk metabolisme lemak dari makanan. Lebih jauh lagi, penelitian oleh D.M. Dreon dari Stanford USA menemukan bukti bahwa jenis makanan yang dikonsumsi lebih penting artinya di banding jumlah persentase lemak tubuh.

4. Diet reversal mengandung protein yang relatif lebih sedikit

Apakah diet dengan sedikit protein buruk bagi tubuh? Kebanyakan orang, terutama di negara-negara maju, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein bahkan hingga dua kali lebih besar dari protein yang diperlukan.

Pasukan Synergy

Protein akan dipecah menjadi asam amino yang jenisnya banyak sekali baik protein hewani maupun nabati. Tubuh memerlukan 13 jenis asam amino. Asam amino yang disebut asam amino esensial harus didatangkan bersama makanan.

Asam amino yang berasal dari protein nabati memiliki jenis yang sama dengan asam amino dari protein hewani. Hanya saja, jumlah produksi asam amino dari produk hewani lebih banyak dibanding jenis nabati. Oleh karenanya, dengan mengonsumsi makanan nabati yang bervariasi maka akan diperoleh asam amino yang lebih lengkap. Produk nabati pun mengandung kolesterol lebih sedikit daripada jenis hewani.

Perlu diperhatikan meskipun terkadang diet reversal menurunkan High Density Lipoprotein (HDL) tetapi diet ini bahkan menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) lebih jauh lagi sehingga pembentukan plak makin jarang. Memang ada obat yang dapat menurunkan LDL dan menaikkan HDL, tetapi obat tersebut memiliki akibat samping.

Oleh karenanya, mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan kolestrol jauh lebih baik bagi tubuh daripada minum obat-obatan untuk merendahkan LDL atau menaikkan HDL yang mungkin dapat mengganggu proses metabolisme dan absorbsi pada sistem pencernaan.

Demikian info tentang Beberapa Hal tentang Diet Reversal yang Perlu Anda Tahu semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...
Hosting Berkualitas

Leave a Reply