Aktivitas Fisik Untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani

komunitas sb1m

Aktivitas Fisik Untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani – Aktivitas fisik adalah kegiatan gerak tubuh sebagai hasil kerja otot rangka, yang kemudian menghasilkan sejumlah keluaran energi. Aktivitas fisik meliputi semua kegiatan sehari-hari termasuk olahraga, kegiatan di rumah, tempat kerja, dan kegiatan saat bepergian seperti dari rumah menuju tempat kerja.

Aktivitas Fisik untuk meningkatkan kesehatan jasmani

Pasukan Synergy

Adapun olahraga merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang dilakukan dengan terencana, terstruktur, dilakukan berulang-ulang. Tujuan berolahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan maupun kebugaran jasmani. Seseorang yang mempunyai kebugaran jasmani yang baik akan dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa lelah yang berlebihan dan masih mampu untuk melakukan aktikvitas fisik lainnya. Kebugaran jasmani dapat dinilai dari komposisi tubuh, daya tahan kardiovaskuler, kekuatan otot, serta kelenturan otot.

Pasukan Synergy

1. Komposisi tubuh

Cara yang paling mudah untuk menilai komposisi tubuh adalah dengan mengetahui indeks massa tubuh (IMT). Selain menggunakan rumus IMT, pengukuran lingkar pinggang juga merupakan alternatif cara untuk mengetahui distribusi lemak tubuh. Hal ini disebabkan lemak yang banyak di daerah perut akan meningkatkan risiko timbulnya penyakit dibanding penimbunan lemak di paha atau pantat. Bila IMT ≥ 25 kg/m2 maka termasuk kategori obes atau gemuk, sedangkan bila lingkar pinggang ≥ 90 cm untuk laki-laki atau ≥ 80 cm untuk perempuan maka risiko untuk memperoleh penyakit lain meningkat.

Rumus IMT = berat badan (kg) / tinggi badan2 (meter)

2. Daya tahan kardiovaskuler

Daya tahan kardiovaskuler seringkali dipakai untuk menggambarkan tingkat kebugaran jasmani seseorang dan menjadi salah satu dasar dalam menyusun sebuah program latihan inti. Ada banyak cara untuk menilai kebugaran jasmani atau daya tahan kardiovaskuler. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan dengan tes jalan kaki 1,6 km (7 mile test) dengan menghitung lama waktu untuk menyelesaikan tes. Makin pendek waktu tempuh makin tinggi tingkat kebugaran jasmani.

3. Kekuatan otot dan kelenturan otot

Kedua komponen kebugaran jasmani ini penting untuk diketahui nilainya agar dapat disusun sebuah program latihan yang baik dalam arti sesuai dengan kondisi fisik seseorang.

Demikian info tentang Aktivitas Fisik Untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani semoga bermanfaat.

Sumber: Care Your Self Kolesterol

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Komunitas SB1M
loading...

Incoming search terms:

  • bagaimana kriteria penentuan program latihan berdasarkan hasil tes jalan
  • Bagaimana kristeria penentuan progaram latihan berdasarkan hasil tes jalan?
  • jelaskan perbedaan aktivitas
  • program jalan merah dapat dimulai oleh seseorang jika ia
Hosting Berkualitas

Leave a Reply